Selamat Datang di Web. Natsir Azah. Kami berikan informasi seputar pendidikan dan informasi-informasi penting lainnya. Terimakasih atas kunjungannya. Saran dan masukan anda sangat kami harapkan untuk penyempurnaan kedepan.

Minggu, 08 Juli 2012

MOS (Masa Orientasi Siswa)

 Masa Orientasi Siswa atau disingkat MOS merupakan masa pengenalan siswa baru terhadap lingkungan sekolah banyak ragam dan bentuk dari setiap sekolah dalam kegiatan MOS (Masa Orientasi Siswa), MOS merupakan ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan diantara siswa baru dan kakak-kakak kelasnya. Selain itu MOS juga merupakan sarana pengenalan terhadap kegiatan-kegiatan yang diadakan di Sekolah Lanjutan tersebut.



Banyak dari orang tua siswa yang merasa direpotkan dengan persyaratan yag harus dilengkapi siswa/sisiwinya dalam mengikuti kegiatan tersebut, salah satu contohnya adalah menyediakan Pot Bunga yang mesti di cat warna guna menjadi pengganti topi, atau adapula yang harus membawa plastik warna yang ditentukan sekolah guna menjadi penggati tas, dll.
Setiap kegiatan pasti mempunyai tujuan, salah satunya kegiatan MOS tersebut juga pasti ada tujuannya, diantaranya :
1.    Memperkenalkan siswa pada lingkungan fisik sekolah.
2.    Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di Sekolah lanjutan tersebut.
3.    Memperkenalkan siswa pada keorganisasian yang ada di sekolah lanjutan tersebut.
4.    Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu hymne dan mars Sekolah lanjutan tersebut.
5.    Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di Sekolah tersebut.
6.    Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka
7.    Menanamkan sikap disiplin, kepribadian, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal
8.    Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal.
Ada beberapa kegiatan yang harus diikuti oleh para calon siswa/siswi baru disetiap sekolah lanjutan, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.    Apel pagi.
2.    Perkenalan OSIS, guru dan peraturan yang ada di Sekolah baru.
3.    Mars dan hymne Sekolah.
4.    Pengembangan Minat dan Bakat.
5.    Pengenalan Janji Siswa dan kode kehormatan siswa yang harus dipegang teguh dan dijalankan oleh siswa.
6.    Baris berbaris (PBB).
7.    Pemberian materi leadership.
8.    Berbagai permainan.

Semoga bermanfaat dan semoga bagi para orang tua yang mau melanjutkan siswa/siswinya ke sekolah lanjutan baik lanjutan pertama ataupun lanjutan tingkat atas tidak memiliki fikiran negatif tentang berbagai kegiatan MOS di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar