facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark
zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para
pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi
personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan
koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Ini
lebih menargetkan kalangan belia dibandingkan orang dewasa. Pengguna dapat
menambahkan mitra dan saling mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi
mereka sebagai pemberitahuan kepada rekan-rekan. Selain itu, pengguna juga bisa
bergabung jaringan yang dianjurkan oleh tempat kerja, sekolah, atau
universitas.
Nama
ini berasal dari timangan yang digunakan untuk buku-buku yang diserahkan oleh
pihak administrasi universitas kepada para siswa pada awal tahun akademis di AS
dengan tujuan membantu mahasiswa saling mengenal.
Facebook
didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman-teman sekamar nya yaitu Eduardo
Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Zuckerberg lahir pada tahun 1984 di
New York. Ini adalah merupakan satu sistem jaringan sosial yang ia cipta
bertujuan untuk mengeratkan lagi hubungan sesama mahasiswa di Universitas
Harvard. Ini dirancang untuk rekan rekannya yang lain di universitas untuk
memudahkan mereka berinteraksi antara satu sama lain dan untuk lebih mengenal
sesama mereka.
Awalnya,
keanggotaan situs web ini terbatas pada mahasiswa Harvard, tetapi kemudian
bertahap diperluas ke kampus-kampus lain di kawasan Boston, Liga Ivy, dan
Universitas Stanford. Setelah itu, ini berkembang lagi untuk mencakup setiap
mahasiswa, kemudian siswa sekolah tinggi, dan akhirnya, siapa saja yang berumur
13 tahun ke atas. Kini, situs web ini beranggotakan lebih 400 juta pengguna
aktif seluruh dunia.
Konsep
asal ini dipinjam dari hasil keluaran Akademi Phillips Exeter, sebuah sekolah
persiapan yang pernah dihadiri oleh Zuckerberg, yang menerbitkan dan
mendistribusikan petunjuk tercetak untuk semua mahasiswa dan fakultas selama puluhan
tahun, yaitu "face book".
Ini
juga menghadapi kontroversi. Awalnya, ia pernah diblokir sementara di beberapa
negara termasuk Suriah, Cina, Vietnam dan Iran. Ini juga dilarang di kebanyakan
tempat kerja untuk menghindarkan karyawan dari membuang waktu bersama layanan.
Satu
lagi isu adalah para pengguna Facebook dicabuli Pribadi mereka beberapa kali.
Ini pernah menjelaskan gugatan hukum mengenai kode sumber dan kekayaan
intelektual. Situs web ini juga pernah terlibat dalam kontroversi penjualan
penggemar dan teman.
“Facemash”
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash pada 28 Oktober 2003, sebagai mahasiswa tahun dua di Universitas Harvard. Facemash menempatkan dua gambar sebelah sekali lalu meminta para pengguna untuk memilih orang mana yang 'lebih hangat' ". Untuk melakukan demikian, Zuckerberg menggodam daerah terlindung dalam jaringan komputer Harvard lalu menyalin gambar-gambar ID asrama yang sulit.
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash pada 28 Oktober 2003, sebagai mahasiswa tahun dua di Universitas Harvard. Facemash menempatkan dua gambar sebelah sekali lalu meminta para pengguna untuk memilih orang mana yang 'lebih hangat' ". Untuk melakukan demikian, Zuckerberg menggodam daerah terlindung dalam jaringan komputer Harvard lalu menyalin gambar-gambar ID asrama yang sulit.
Ketika
itu, Harvard tidak buku panduan siswa yang diisi gambar dan informasi dasar,
dan Facemash berhasil menghasilkan 450 pengunjung dan 22,000 penayangan foto
sepanjang empat jam pertama nya online. Fitur-fitur Facemash yang mencerminkan
komunitas fisik masyarakat, dengan identitas sekali, merupakan aspek-aspek
terpenting untuk ini.
Situs web tersebut dikirimkan ke beberapa server daftar kelompok kampus, tetapi beberapa hari kemudian, ia ditutup oleh pihak administrasi Harvard. Zuckerberg didakwa melanggar keamanan, hak cipta, dan Pribadi individu oleh pihak administrasi, sehingga mengalami hukuman buang sekolah, tetapi akhirnya tuduhan-tuduhan tersebut digugurkan.
The Facebook
Situs web tersebut dikirimkan ke beberapa server daftar kelompok kampus, tetapi beberapa hari kemudian, ia ditutup oleh pihak administrasi Harvard. Zuckerberg didakwa melanggar keamanan, hak cipta, dan Pribadi individu oleh pihak administrasi, sehingga mengalami hukuman buang sekolah, tetapi akhirnya tuduhan-tuduhan tersebut digugurkan.
The Facebook
Pada
periode berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk sebuah situs baru pada
Januari 2004. Ia mengakui dirinya terinspirasi oleh editorial dalam senaskhah
The Harvard Crimson tentang peristiwa Facemash.
"Saya
rasa adalah tidak masuk akal untuk pihak Universitas untuk memakan waktu dua
tahun untuk membiasakan diri. Saya bisa melakukannya dengan lebih baik dari
mereka, dan saya mampu melakukannya dalam seminggu. "
Keanggotaan
TheFacebook.com awalnya terbatas pada mahasiswa Kolej Harvard, dan dalam
sebulan pertama, lebih separuh jumlah mahasiswa Harvard terdaftar dengan
layanan ini. Kemudian, Zuckerberg disertai oleh Eduardo Saverin (aspek bisnis),
Dustin Moskovitz (pemrogram), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris
Hughes untuk mempromosikan situs web ini.
Pada
Maret 2004, Facebook diperluas ke universitas-universitas Stanford, Columbia,
dan Yale. Perluasannya berkelanjutan dengan dibuka ke seluruh maktab perguruan
tinggi bertaraf Liga Ivy dan di daerah Boston, diikuti hampir semua universitas
di Kanada dan Amerika Serikat. Facebook Diperbadankan pada pertengahan tahun 2004,
dan pengusaha Sean Parker yang selama ini menjadi penasehat tak resmi
Zuckerberg, menjadi presiden perusahaannya.
Pada Juni 2004, Facebook memindahkan situs operasinya ke Palo Alto, California. Kata "The" digugurkan dari namanya setelah nama domain facebook.com dibeli dengan harga $ 200,000 pada tahun 2005.
Pada Juni 2004, Facebook memindahkan situs operasinya ke Palo Alto, California. Kata "The" digugurkan dari namanya setelah nama domain facebook.com dibeli dengan harga $ 200,000 pada tahun 2005.
Facebook
meluncurkan versi sekolah tinggi pada September 2005, sebagai apa yang
dikatakan oleh Zuckerberg sebagai langkah logis seterusnya.K etika itu,
jaringan sekolah tinggi membutuhkan undangan untuk bergabung. Ini kemudian
memperluas kualifikasi keahliannya kepada para staf beberapa perusahaan,
termasuk Apple Inc. dan Microsoft. Akhirnya pada 26 September 2006, Facebook
dibuka kepada semua yang berumur 13 tahun ke atas dengan alamat email yang valid.
Pada
April 2006, palabur satu ini yaitu Peter Thiel bersama Greylock Partners dan
Meritech Capital Partners telah menambah investasi di Facebook dengan dana
sejumlah US $ 25 juta.
Setelah 2 tahun ini beroperasi, muncul pula berbagai situs jaringan sosial seperti Myspace dan YouTube yang dijual dengan harga jutaan dollar. Myspace menerima penawaran NEWS CORP sebesar US $ 580 juta sedangkan YouTube pula menerima penawaran sebesar US $ 1.5 milyar dari Google.
Setelah 2 tahun ini beroperasi, muncul pula berbagai situs jaringan sosial seperti Myspace dan YouTube yang dijual dengan harga jutaan dollar. Myspace menerima penawaran NEWS CORP sebesar US $ 580 juta sedangkan YouTube pula menerima penawaran sebesar US $ 1.5 milyar dari Google.
Tapi
apa yang menariknya adalah Mark Zuckerberg tidak mau menjual ini walaupun telah
ditawarkan oleh Google & Yahoo pada harga mencapai US $ 1 miliar. Meskipun
keputusan beliau telah mengundang berbagai spekulasi negatif tapi dia telah
membuktikan masih banyak lagi yang bisa dicapai oleh Facebook. Hasilnya setelah
3 tahun pendirian Facebook, Mark Zuckerberg telah dinobatkan sebagai bilionair
termuda dunia oleh Majalah Forbes dengan perkiraan harta senilai US $ 1,5
miliar.
Sehingga
kini makin banyak investor yang melakukan investasi di Facebook dan yang
terbaru adalah Firma Goldman Sachs sebesar US $ 450 juta dan perusahaan Digital
Sky Technologies sebesar US $ 50 juta dalam bentuk mata uang. Investasi itu
membuat harga saat ini ketika ini sudah mencapai US $ 50 miliar (RM153 miliar).
25% dari saham Facebook adalah milik Mark Zuckerberg sendiri.
Hari
ini fenomena FB telah melanda segenap lapisan masyarakat. Miskin, kaya, tua,
muda, pemimpin negara, rakyat biasa, pejabat tinggi, kuli, polisi, penjahat,
dan bahkan pengemis jalanan pun ada rekening FB. Seseorang ketika ditanya
apakah memiliki rekening FB atau tidak, jika jawabannya "tidak ada",
si penanya akan memandangnya dengan penuh skeptikal. Seperti tidak lengkap jika
tidak ada FB. Seperti orang yang tidak memiliki ponsel.
Sadar tak sadar fenomena ini telah memberi dampak yang banyak baik kepada individu, keluarga, masyarakat, organisasi dan negara. Di dalam FB siapa saja bebas untuk mengatakan apa saja; memuji, mengutuk, meluahkan kemarahan, kepandaian, dan juga kebodohan. Oleh itu dampaknya bisa jadi positif dan bisa jadi juga negatif, tergantung pada siapa yang membuat pernyataan dan kepada siapa pernyataan itu ditujukan.
Sadar tak sadar fenomena ini telah memberi dampak yang banyak baik kepada individu, keluarga, masyarakat, organisasi dan negara. Di dalam FB siapa saja bebas untuk mengatakan apa saja; memuji, mengutuk, meluahkan kemarahan, kepandaian, dan juga kebodohan. Oleh itu dampaknya bisa jadi positif dan bisa jadi juga negatif, tergantung pada siapa yang membuat pernyataan dan kepada siapa pernyataan itu ditujukan.
Sadar
tak sadar FB telah menjadi seperti narkoba yang menyebabkan anggota-anggotanya
kecanduan karena 'kesenangan' sementara yang ditawarkan; bergosip dan bermain
permainan maya yang tidak kunjung berakhir.
Dalam
FB para politikus menunjukkan taring mereka. Ada karyawan yang diberhentikan
kerja gara-gara mengutuk bos dalam FB dan produktivitas yang menurun. Ada
pasangan yang berantem besar dan ada yang sampai berpisah gara-gara status FB
saja. Kesehatan orang-orang yang aktif berFB juga ada yang terpengaruh karena
tidak cukup istirahat gara-gara 'memainkan' FB tidak menghitung waktu, tempat
dan kondisi.
Untuk
yang lebih kreatif dan berwawasan, mereka menggunakan FB untuk tujuan komersial
dengan membangun jaringan pemasaran. FB juga menjadi tempat untuk 'bertemu'
rakan2 yang sudah lama terpisah, dan bahkan ada yang menemukan pasangan hidup
melalui FB. FB juga bisa digunakan sebagai bidang Perkecambahan pikiran melalui
diskusi maya yang efektif. Dan dengan cara yang wajar, anggota-anggota juga
bisa menyalurkan 'kegiatan2 ibadah' melalui FB.
Fenomena
ini adalah seperti fenomena internet yang melanda dunia saat mula-mula
diperkenalkan lebih satu dekade yang lalu. Antara ketakutan terhadap dampak
negatif dan harapan terhadap efek baiknya, mau tidak mau kita harus menerima
masuk teknologi tersebut. Begitu juga dengan Facebook. Dalam beberapa tahun ke
depan jumlah penggunanya pasti akan berlipat ganda. Tidak lama kemudian,
mungkin semua pengguna internet akan memiliki rekening situs sosial
masing-masing (pengguna internet pada tahun 2009 adalah sebanyak ¼ penduduk
dunia!).
Ini
sering kali di cop negatif oleh sejumlah manusia. Namun pernahkah kita perasan
yang ini juga memberi banyak kebaikan dalam keseharian hidup kita. Berikut
adalah antara kebaikan-kebaikan ini:
1. Belajar bersabar dengan kerenah insan.
2. Belajar bersahabat dengan dunia yang tidak mengenal
kita.
3. Belajar berbaik sangka dengan pendapat-pendapat
dibaca.
4. Belajar menilai dengan apa yang kita pandang dari
berbagai gambar dan rupa.
5. Belajar mengembara mencari iktibar dari tampilan
ilmunya.
6. Belajar berbicara dengan kata-kata jiwa dengan
keikhlasan di dada.
7. Belajar mengerti tentang sifat, ragam, sikap dan
tragedi manusia.
8. Belajar senyum dan gembira dengan cara virtual.
9. Belajar simpati dengan malang yang menimpa yang
lain.
10. Belajar berkasih-sayang walau tanpa mata
bertentangan.
11. Belajar bertahan dengan berbagai cemoohan.
12. Belajar menyampaikan amanat Rasulullah saw dan Allah
swt
13. Belajar mengubah keburukan menjadi teladan.
14. Belajar membalut diri dengan kebaikan-kebaikan alam.
Sebenarnya banyak yang kita bisa pelajari tentang
diri sendiri untuk kita yang berhasil melihat dengan mata hati. Sesungguhnya
tidak dipungkiri terselip kebaikan di balik kejahatan dan begitu juga
sebaliknya karena ini lah lumrah kehidupan manusia.
Ketika Mark Zuckerberg mulai menulis program
Facemash pada Oktober 2003, tidak siapa menyangka bahwa ia merupakan satu titik
tolak fenomena baru dunia. Terakhir, ini merupakan jaringan situs sosial
tersohor dunia dengan lebih 600 juta pengguna aktif selain merupakan perusahaan
web terbesar ketiga di Amerika Serikat (setelah Google dan Amazon) dengan nilai
USD41 miliar.
facebook itu unik, sejarahnya menarik dan saya pribadi tertarik untuk menjadi pengguna facebook, baik untuk sekedar bersosialisasi maupun berjualan jasa like.
BalasHapus